SD ISLAM MA'ARIF ASWAJA Balongpanggang Gresik

Sunday, November 13, 2011

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN

Peradaban Islam adalah terjemahan dari bahasa arab al-Hadharah al-Islamiyah. Kata ini sering juga diterjemahkankedalam bahasa Indonesia dengan Kebudayaan Islam. Kebudayaan dalam bahasa arab adalah al-Tsaqafah. Di Indonesia sebagaimana juga di Arab dan di Barat, masih banyak yang mensinonimkan dua kata kebudayaan ( Arab: al-Tsaqafah, Inggris: Culture ) dan Peradaban ( Arab: Hadharah, Inggris: Civilization ). Dalam perkembangan ilmu Antropologi sekarang, kedua istilah itu dibedakan. Kebudayaan adalah bentuk ungkapan semangat mendalam suatu masyarakat. Sedangkan manifestasi-manifestasi kemajuan mekanis dan teknologis lebih berkaitan dengan peradaban. Kalau kebudayaan lebih banyak direfleksikan dalam seni, sastra, religi ( agama ) dan moral, maka peradaban terefleksi dalam politik, ekonomi dan teologi. Jadi, peradaban adalah hasil budaya manusia yang melahirkan ilmu pengetahuan dan system tatanan social. Peradaban Islam adalah peradaban yang diletakkan di atas dasar aqidah tauhid dan ilmu pengetahuan.
Agama Islam mendorong umatnya dan semua manusia untuk mengembangkan intelektual dengan cara memperhatikan fenomena - fenomena alam dan ciptaan-Nya.

190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
(QS.Ali Imran:190 ).


Sejarah telah mencata, jauh sebelum bangsa Eropa mencapai kemajuan seperti sekarang, umat islam telah mendahuluinya. Yaitu sejak tahun 60-1250 M mereka telah menguasai ilmu pengetahuan seperti ilmu fisika, Biologi, Sosiologi, Matematika ,Kedokeran dan lain sebagainya.
Sejarah juga mencatat, bahwa negeri- negeri islam menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Makkah menjadi pusat ibadah bagi kaum muslimin dalam melaksanakan ibadah Haji, sedangkan Baghdad pernah menjadi pusat ilmu pengetahuan, tempat cendekiawan muslim berkumpul dari segenap penjuru untuk menambah ilmu pengetahuan mereka, yang akan mereka sebarluaskan ke negeri mereka masing-masing.

No comments:

Post a Comment